Berita

Lakukan Sidak di Makassar, Prof Jufri Kaget Melihat Ada Sekolah Seperti ‘Hutan’

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah sekolah di Makassar, Selasa (26/1).

Sidak Kadisdik Sulsel disertai Sekretaris Disdik, H Hery Sumiharto, SE. M.Ed, dan Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd.

Prof Jufri mengaku kaget dan prihatin melihat kondisi sekolah yang tidak terpelihara, selain kotor dan tidak terurus dengan baik, sejumlah sekolah juga telah ditumbuhi rumput yang tinggi seperti ‘hutan’ tak berpenghuni. Sekolah pertama yang dikunjungi Prof Jufri adalah SMK Negeri 10 Makassar.

Prof Jufri tiba di sekolah yang berlokasi di Gunung Sari Makassar ini tepat pukul 09.00 wita. Nampak hadir menjemput Kadisdik Sulsel, Kepala SMKN 10 Makassar, Andi Umar, SPd.MPd.

Di sekolah yang dulunya dikenal nama BLPT ini, Prof Jufri memasuki sejumlah ruangan, termasuk Repair Centre, Samsung Teach Institute, ruangan audio vidio dan ruang alat-alat kerumahtanggaan. Ia juga melakukan dialog dengan sejumlah guru di setiap ruangan yang dikunjungi matan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini.

Usai mengelilingi SMKN 10 Makassar, Prof Jufri mengarah ke SMKN 8 Makassar. Sekolah yang beralamat di Jl Mongisidi ini tak menemukan kepala sekolah dan juga guru. Prof Jufri hanya diterima oleh penjaga sekolah.

Setelah itu, Prof Jufri bersama rombongan menuju ke SMK Negeri 7 Makassar. Di sekolah yang berada di Jl Ince Nurdin ini nampak Kepala SMKN 7 Makassar, Baharuddin, SPd. MPd menyambut Prof Jufri bersama rombongan.

Baharuddin mendampingi Prof Jufri melakukan kunjungan ke beberap ruangan, termasuk melihat bagaimana kebersihan toilet sekolah, baik untuk guru maupun untuk siswa.

Di SMKN 7 Makassar, Prof Jufri juga melakukan dialong dengan guru yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh, baik di ruangan guru maupun laboratorium komputer milik sekolah.

Hal yang sama juga dilakukan di SMA Negeri 17 Makassar, Prof Jufri melakukan pemeriksaaan pada setiap ruangan, termasuk ruangan guru, kepala sekolah hingga masalah kebersihan toilet sekolah. Kedatangan Prof Jufri secara mendadak membuat semua guru yang ada di Jl Sunu Makassar ini terkaget-kaget.

Di sekolah ini, Prof Jufri sempat melakukan dialog dengan siswa sedang PJJ dengan bahasa Inggris.

Usai mengunjungi SMAN 17 Makassar, Prof Jufri yang didampingi Hery Sumiharto dan Hj Andi Ernawati terus melakukan kunjungan ke Pesantren Ummul Mukminin Makassar.

Di Boarding School untuk putri ini, Prof Jufri menyaksikan proses pembelajaran jarak jauh dan melakukan dialog dengan pengasuh pondok pesantren Ummul Mukminin.

Prof Jufri mengatakan, sidak yang dilakukan secara diam-diam dan tidak memberitahukan kepada siapapun dan dilakukan secara acak.

Kunjungan ini, katanya, sekaligus untuk melakukan monitoring dan evaluasi tentang pembelajaran jarak jauh atau Belajar dari Rumah (BDR).

Di samping itu, katanya, kunjungan ini untuk melihat kesiapan sekolah tentang penilaian assessment terkait dengan lingkungan.

Prof Jufri menekankan kepada para kepala UPT untuk mengatur jadwal guru di sekolah, dan tidak memaknai BDR sebagai libur sekolah. # muasri

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
1

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda