Daerah

Lembaga Pendidikan Wajib Loyal Pada NKRI

Pendidikan merupakan ujung tombak untuk mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu  pendidikan perlu diperhatikan serius oleh semua elemen bangsa. Menjawab harapan tersebut Kepala SMA Bunda Kasih Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Johanes Talo Mau, SPd. MM, yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 26 /2/2021. Ia menyampaikan bahwa pendidikan yang baik yaitu pendidikan yang mengembangkan empat aspek yaitu Kongnitif (pengetahuan) , Afektif (Perasaan), Psikomotor (Ketrampilan), Krakter ( Kepribadian ).

Lebih lanjut Johanes Talo Mau, SPd, MM menyampaikan kongnitif itu berkaitan dengan pengetahuan atau Sains, dimana anak-anak digembleng untuk benar-benar menguasai Sains sehingga dalam penerapannya nanti mereka memiliki bobot yang berkualitas,” begitu kata dia .

Sedangkan Afektif, ia menuturkan yaitu mendidik untuk memiliki nilai-nilai Pancasila yang mampu mereka terapkan sesama anak bangsa tanpa ada perbedaan yaitu Suku, Agama, Ras dan Golongan.

Sehubungan dengan perkembangan zaman dan dunia Industri , ia menyampaikan psikomotor yaitu anak dilatih untuk mengembangkan skill atau ketrampilan sehingga pada saat masuk dunia kerja mereka sangat siap untuk bekerja dan mampu menghasilkan kualitas hasil pekerjaan yang bisa bersaing dengan para pekerja asing dalam era global ekonom,” begitu kata dia lagi.

Lebih lanjut Kepsek yang ramah ini menuturkan kepada wartawan bahwa ketiga aspek itu harus terintergrasi dalam kepribadian antara lain jujur, setia, dan loyal kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mendukung empat aspek ini maka pemerintah perlu mendirikan lebih banyak lembaga pendidikan kejuruan di tingkat sekolah menengah atas yang seharusnya dilanjutkan leaner di perguruan tinggi,” ucapnya. Ia menyampaikan pemerintah juga harus mengembangkan sekolah – sekolah yang memiliki nilai Paedogogi  (Pendidikan) yang berkualitas, salah satunya memiliki guru yang berkualitas, profsional dan baik . Dan membangun sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap,” begitu kata dia . # fransk

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda