Daerah

Inovasi Pengelolaan Perpustakaan SMKN 2 Parepare, Masuk 6 Besar dalam Lomba Tingkat Provinsi

SMKN 2 Parepare berhasil masuk enam besar dalam Lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari inovasi-inovasi yang diciptakan oleh Kepala SMKN 2 Parepare, Drs. H. Fattahuddin, M.H. dalam melakukan pengelolaan perpustakaan di sekolahnya.

H. Fatahuddin menjelaskan bahwa salah satu inovasi dalam pengelolaan perpustakaan di SMKN 2 Parepare adalah pengembangan literasi digital. Selain itu, Beliau juga menyatakan bahwa selama masa pemebelajaran daring, petugas perpustakaan di SMKN 2 Parepare tetap memberi layanan maksimal ke peserta didik yang berkunjung ke perpustakaan, tentunya dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan.    

Lebih lanjut, H. Fatahuddin menekankan bahwa terdapat kiat-kiat khusus yang diterapkan di SMKN 2 Parepare dalam memberikan layanan ke peserta didik. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola-pola pembinaan yang bersifat edukatif. Beliau mencontohkan, jika terdapat peserta didik yang terlambat dalam mengembalikan pinjaman buku, petugas perpustakaan tidak menerapkan sistem denda. Untuk mendisiplinkan siswa dalam mengembalikan pinjaman buku, pihak sekolah menerapkan aturan harus ada kartu bebas pustaka sebagai syarat mengambil laporah hasil belajar pada akhir semester.   Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan, Layanan, dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinsa Perpustakaan Kota Parepare, M. Rasdy mengaku mengapresiasi SMKN 2 Parepare yang berhasil masuk 6 besar dalam lomba perpustakan di tingkat provinsi. Beliau menyatakan bahwa antusias SMKN 2 Parepare dalam mengikuti lomba telah ditunjukkan sejak Dinas Perpustakaan Kota Parepare melakukan kunjungan awal untuk menyeleksi sekolah yang layak mewakili kota Parepare di tingkat Provinsi. #muzakkirdamir.

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda