Daerah

Perkemahan Gabungan Pelajar Peduli Lingkungan se Kab Pinrang Dibuka Kacabdis Wil VIII

Pembukaan kegiatan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Perkemahan gabungan Pelajar Peduli Lingkungan SMA/SMK/SLB Se-Kab.pinrang di SMAN 3 pinrang sukses

Kamis, 4 Mei 2023 malam pukul 20:00 Wita setelah pelaksanaan solat berjamaah dan zikir dilakukan bersama panitia dan peserta di musallah Fatur Rahman SMAN 3 Pinrang.

Lokasi kegiatan Sekolah beralamatkan jln Poros Pinrang-Langnga 16 km, desa Patobong, kec Mattiro sompe kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan.

Ketua panitia Rahma Tola, S.Pd., M.Pd mengatakan kegiatan perkemahan ini mulai pukul 13.30 setelah registrasi kemudian pemasangan tenda kemah. Malam ini acara pembukaan merupakan kegiatan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan cabang dinas pendidikan wilayah VIII pelajar peduli lingkungan dengan dilaksanakan nantinya penanaman pohon serentak diikuti beberapa sekolah dikabupaten Pinrang dan sekolah UPT SMAN 3 Pinrang ditunjuk sebagai tuan rumah siap menyukseskan kegiatan sampai selesai.

Ditempat yang sama Dra. Hj. Hasmiah., M.Pd (wakasek kesiswaan UPT SMAN 3 Pinrang) menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta perkemahan Kegiatan perkemahan Pelajar Peduli Lingkungan di sman 3 Pinrang. Berharap diikuti kegiatan ini sampai selesai besok.

Ditempat yang sama Baharuddin Iskandar, S.Pd., M.Pd (kepala cabang Dinas Pendidikan wilayah VIII, Pinrang, Barru dan Pare-Pare) sekaligus membuka acara kegiatan dengan resmi. Dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan sukses kegiatan perkemahan Pramuka tingkat penegak pelajar peduli lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon serentak dengan target sejuta pohon, atau diusahakan sekitar 5.000 Pohon harapnya.

Sekolah saat ini untuk kelas XII nya yang nantinya penentuan kelulusan agar tidak melakukan konvoi atau kah coret baju . Akhir 3 tahun ini tidak lah banyak kita lihat tejadi seperti tersebut. Mungkin juga bagian dari 3 tahun tidak belajar disekolah. Namun ada beberapa sekolah saya dapat beberapa yang melakukan kegiatan kumpul baju sekolah nya dengan sumbangsih bajunya bila dibulatkan dirupiah sekitar 400 ribu begitu yang baik bisa berbagi. Dan sesuatu yang bermanfaat. Dan saya ingin evaluasi bahwa sekolah yang ada di wilayah VIII kita telah melaksanakan RAMDHAN ANDALAN MENGAJI bagi setiap sekolah. Yang merupakan bagian program pemerintah Gubernur Sulawesi Selatan, bagaimana kita mencetak generasi berakhlak, generasi yang tidak buta aksara Al-Qur’an. Bisa mampu diajari mengeja … lalu yang mengeja ke tajwid sampai hafalan hafids . Khususnya kelas XII yang akhir ini . Bisa jadi imam kedepannya dengan kegiatan bisa baca dan hafal Al-Qur’an dengan baik. Alhamdulillah, mulai Januari 2023 dan sampai Mei ini kita mendapatkan informasi hasil data sekolah yang ada dapat mengurangi dari sekitar 1000 siswa buta aksara yang dulu kini menjadi tinggal 700 artinya dari 300 terbantukan dapat membaca berkat kerja sama kita semua kita patut bersyukur semoga generasi hebat juga mampu baca tulis Al-Qur’an. “Pada kesempatan ditempat ini saya meminta kepada guru atau pun pihak sekolah kelas XI menjelang  penaikan kelas tidak diberikan dulu rapor ke siswa bila tidak bisa baca Al-Qur’an”. 

Kegiatan perkemahan Pelajar Peduli Lingkungan ini merupakan bagian dari program pemerintah Gubernur Sulawesi Selatan untuk penghijauan. Mengurangi global warning (pemanasan global) yang terjadi dikalangan kita baik kota . Biasanya terlihat mudah marah, perkelahian akibat kepanasan, pusing akan dampak kekurangan pohon yang bahkan banyak sudah tua perluh pergantian penanam kembali. Bisa kita bandingkan dengan pedalaman desa akhir akhir ini memang tidak lagi ada perkelahian karna sejuk tidak kepanasan, tidak terjadi berkurang nya perkelahian tersebut yang mungkin karna efek covid namun bisa salah satu manfaat kegiatan kita ini adalah memulai anak -anak Pramuka siswa hadir kedepannya akan peduli lingkungan.  Melakukan menjaga pelestarian alam. termasuk sekolah yang berharap kedepannya terus dilakukan keberlanjutan dan berharap dapat Kembali sekolah SMAN 3 pinrang mengadakan perkemahan nanti untuk kita dapat menilai perkembangan tanaman yang akan kita tanam besok. Besok insyaallah kegiatan bakti lingkungan penanaman pohon secara serentak , ada Outbond, penguatan karakter akhlak  juga membersihkan sampah atau kotoran yang ada di perkemahan ini berharap panitia memberikan arah yang manakah saja akan di bersihkan. Dan berikan jarak pohon yang akan tertanam nantinya.

Tanggal 5 besok pelaksanaan tanam pohon serentak. Kacabdis Wilayah VIII Baharuddin Iskandar menggunakan (kostum Pramuka lengkap) Mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan perkemahan Pramuka tingkat penegak pelajar peduli lingkungan dibuka secara resmi.

Ditempat yang sama kepala UPT SMAN 3 Pinrang bapak Guntur, S.Pd., M.Pd menyampaikan terimakasih kepada bapak kepala cabang dinas pendidikan wilayah VIII atas kesediaan hadir dalam kegiatan pembukaan dan telah membuka kegiatan ini semoga berjalan lancar sesuai harapan kita semua. Mengingat ini adalah kegiatan besar bagi kami tuan rumah setelah ada penetapan tempat oleh kepala cabang dinas pendidikan wilayah VIII untuk SMAN 3 Pinrang. Begitu banyak hadir peserta dari sekolah SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta di sekolah kami. Saya ucapkan selamat datang dan berharap ikuti kegiatan sampai selesai.

MC protokol memandu acara kegiatan pembukaan sampai selesai ibu Nurul Azmi ,S.Pd.,M.pd guru UPT SMAN 3 Pinrang. Pembukaan kegiatan dirangkaikan dengan tari persembahan oleh sanggar tari UPT SMAN 3 Pinrang. Baca ayat suci Al-Qur’an oleh oleh Nadiya siswi UPT SMAN 3 Pinrang.

Pembacaan Do’a untuk kelancaran kegiatan oleh bapak Idham Idrus,S.Pd.,MM. (Guru UPT SMKN 9 kec. Lembang). Hadir dalam kegiatan bapak Kepala cabang dinas pendidikan wilayah VIII sekaligus membuka acara kegiatan dengan resmi. Hadir juga pemerintah Kecamatan Mattirosompe diwakili sekcam Mattirosompe (Nahrun Katta) polsek Mattirosompe, Bhabinkamtibmas Mattirosompe bapak Edi  danramil Mattirosompe, bhabinsa kecamatan Mattirosompe (bapak Mustamin), bapak kepala sekolah SMAN 2 Pinrang (Abdul Wahid Nara ,s.pd.,m.pd) ,bapak kepala sekolah UPT SMAN 9 pinrang Ramli S.Pd , bapak kepal sekolah SMAN 7 Mattiro bulu (Drs.Ikhwan Matu, M.Pd) , kepala sekolah UPT SMK 1 Pinrang, guru pembina sekolah, OSIS, Pramuka  se Kab Pinrang. Siswa siswi SMA/SMK /SLB sekab. Pinrang dan panitia kegiatan para guru staf dan siswa UPT SMAN 3 Pinrang.

@Dra. Sitti Dahlia Azis, dokumentasi dan publikasi SMAN 3 Pinrang, melaporkan.

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda