Daerah

SMAN 11 Pinrang Sukses Laksanakan Career Day

Career day dengan tema “ Karirku Dalam Genggamanku” dilaksanakan di Aula SMAN 11 Pinrang, Sabtu (16/9 2023). Kegiatan ini merupakan salah satu program kesiswaan, dibawa bimbingan oleh bapak Drs Syukur, M.Pd.

              Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kelas XII sebanyak 86 siswa dan orang tua siswa yang sempat hadir sebanyak 47 orang.

              “Dalam upaya mempersiapkan siswa kelas XII SMAN 11 Pinrang yang akan menempuh dunia pendidikan yang lebih tinggi maka diperlukan pencerahan dan juga motivasi yang mampu memberikan pemahaman mengenai jurusan yang relevan dengan bakat dan minatnya”. Tegas Ibu Hadyani sebagai ketua panitia dalam memberikan sambutannya.

              “Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa mampu memahami potensi dan mampu merencanakan masa depannya secara rasional” Ujur ibu Hadyani pula.

              “ Kegiatan ini sangat bagus, Karena untuk memberikan pemahaman antara orang tua siswa dan siswa itu sendiri, bisa seiring atau sejalan dengan keinginan orang tua dan anaknya. Karena terkadang orang tua memaksakan kehendaknya memasukkan anaknya di jurusan tertentu yang di mana anaknya sendiri tidak sanggup atau tidak menginginkan jurusan tersebut” Ujur Bapak Syaifuddin, SH,S.Pd,M.M.Pd selaku kepala sekolah SMAN 11 Pinrang dalam mebawakan sambutannya.

              Prof. Dr.H. Abdullah Sinring, M.Pd dalam membawakan materinya bahwa Relevansi antara Bakat dan Minat sangat Penting dalam merencanakan suatu career agar kelak bahagia di tempat kerjanya. Orang yang bekerja dengan Passion-nya lebih memiliki motivasi untuk mengembangkan diri sehingga secara otomatis hasil kerjanyaakan terlihat lebih baik, lebih lama bertahan atau merasa nyaman bekerja, meskipun jenuh pasti akan bangkit lagi.

Berikut beberapa pendapat mengenai kegiatan Career Day ini:

1.Pendapat dari siswa yang diwakili Maulidya Tri Rosadi “sangat bersyukur karena sekolah kami mengadakan kegiatan yang bernama career day, dimana diadakan satu forum dengan orang tua, yang mana tujuan dari kegiatan ini untuk masa depan kami dan membahas langkah-langkah apa yang kami akan tempuh untuk meraih impian di masa depan. Harapannya semoga orang tua siswa diangkatan saya bisa mendukung anak-anaknya, ingin jadi apa dan mau kemana. Harapan saya semoga career day ini tetap dilaksanakan untuk angkatan-angkatan berikutnya.”

2.Pendapat dari Orang tua siswa yang diwakili oleh H. Muh. Aswin “Alhamdulillah saya sebagai orang tua sangat mensuppor kegiatan career day ini, bisa berlanjut terus karena ini adalah ajang untuk silaturrahmi, karena kadang kala kita sebagai orang tua tidak memahami akan kehendak kepada anak, padahal tidak sesuai dengan bakat, saya sangat berharap kegiatan ini tetap berlanjut meskipun anak saya sudah tamat tapi sangat penting untuk orang-orang tua yang anaknya sekolah di masa-masa yang akan datang, karena yang menjadi masalah biasanya kita paksakan ke anak kita yang tidak sesuai dengan potensi yang di milikinya. Sukses dengan SMAN 11 Pinrang, saya salut, dengan kegiatan ini lanjutkan terus, kegiatan ini bisa dipelihara dan dipertahankan dan kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturrahmi antara orang tua, guru dan siswa.

3.Pendapat dari Kepala sekolah Bapak Syaifuddin, SH,S.Pd,M.M.Pd “ Alhamdulillah Kegiatan career day berjalan dengan sukses dan orang tua juga menerima respon baik yang hadir dan begitu juga dengan siswa siswi kelas XII yang mengikuti kegiatan tersebut. Berharap kegiatan ini berlanjut karena kegiatan ini sangat positif untuk anak-anak kita siswa SMAN 11, bagaimana ia bisa berkarir atau menetapkan hatinya untuk memilih jurusan di perguruan tinggi. Dengan adanya career day ini mereka bisa mengetahui bahwa sesungguhnya saya ada baikya di jurusan ini, sesuai dengan arahan pemateri”.

Dalam kegiatan career day tersebut diakhiri sharing pengalaman oleh alumni. Orang tua dan siswa sangat merespon baik kegiatan ini, terbukti semua kelas XII hadir dan 50% orang tua  juga hadir.

Panitia juga menyediakan Stand konsultasi bagi siswa yang masih ragu atau belum menemukan cita-citanya dan bagi yang sudah merasa mantap dengan pilihan karirnya dipersilahkan menuliskan cita-citanya tersebut di baleho yang telah disediakan kemudian mencap menggunakan telapak tangan dengan harapan kelak akan bisa meraih cita-citanya.

              Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa kelas XII bisa melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi yang sesuai dengan potensi bakat dan miantnya. Pada kesempatan ini panitia mengundang 3 narasumber yaitu Bapak Prof Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd (Guru Besar Bimbingan dan konseling UNM), Bapak Nurul Sulasfi, S.Tr. Stat (Statistisi Pertama BPS Kab. Sidrap), Bapak Muh. Ryan Pratama S.Tr.T.M.T dari ( PT. Aria Jasa Konsultan) sekaligus Dosen Universitas Islam Makassar. #anibk02

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda