Daerah

SMKN 9 Makassar Gandeng Disnakertrans Sosialisasi Program Magang Kerja Luar Negeri

SMKN 9 Makassar sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan untuk tahun 2024 ini memasuki tahun ke tiga pelaksanaan program dimana salah satunya adalah magang kerja luar negeri, yang disosialisasikan kepada orang tua siswa pada hari ini Jum’at, 5 April 2024 di kampus SMKN 9 Makassar Jl. Salodong No 99 Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Drs. Muhiding, M.Si selaku Kepala SMKN 9 Makassar dalam sambutannya menyatakan bahwa program ini merupakan salah satu program unggulan dan baru pertama kali dilaksanakan disekolah kita, olehnya itu perlu persiapan yang matang dan keterlibatan semua pihak baik siswa, orang tua maupun guru serta pendampingan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan sebagai stakeholder yang tahu betul terkait pelaksanaan magang kerja luar negeri utamanya ke negara sakura Jepang.

Selanjutnya Muhiding mengatakan bahwa kami telah melakukan seleksi awal kepada 127 siswa kelas XII dari 5 kompetensi keahlian di SMKN 9 Makassar, dan hasilnya ada 26 siswa yang kira-kira bisa menjadi kandidat kuat untuk mengikuti seleksi berikutnya, dimana akan keluar 10 orang siswa terbaik yang akan dilatih dan dibimbing secara intensif terkait bahasa dan budaya Jepang serta keterampilan khusus sesuai spesifikasi kerja yang akan dilakukan di Jepang.

Lebih jauh Muhiding menekankan bahwa khusus 10 orang ini akan dibiayai sepenuhnya melalui program SMK Pusat Keunggulan tahun 2024 mulai dari persiapan hingga keberangkatan ke negara Jepang, olehnya itu keseriusan siswa dan dukungan orang tua sangat diperlukan agar program magang kerja luar negeri ini dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala besar yang dihadapi baik oleh siswa sendiri, orang tua, sekolah, maupun pemerintah Indonesia.

Dr. Syamsi Alang, MM., fungsional pengantar kerja pada Disnakertrans Provinsi Sulawesi Selatan yang hadir mendampingi kegiatan sosialisasi tersebut menyatakan bahwa program magang kerja luar negeri utamanya ke negara Jepang ini merupakan salah satu solusi bagi alumni SMKN 9 Makassar agar dapat langsung bekerja, ini akan mengurangi angka pengangguran utamanya lulusan SMK yang baru tamat.

Disamping itu banyak keuntungan yang akan diperoleh diantaranya skill anak (hard skill dan soft skill) akan semakin baik, budaya industri Jepang yang disiplin akan tertanam dalam diri anak sehingga setelah kembali bisa menerapkannya di Indonesia, selanjutnya dari segi finansial alumni magang kerja setelah kembali ke Indonesia akan memperoleh penghasilan yang lumayan besar sehingga tidak menutup kemungkinan bisa berwirausaha dan membuka lapangan kerja bagi orang lain, tegas Dr. Syamsi. Lebih lanjut Dr. Syamsi menguraikan tentang dasar pelaksanaan kegiatan magang kerja luar negeri ini utamanya peraturan dan kebijakan pemerintah, persyaratan umum peserta magang baik administrasi, kesamaptaan dan kesehatan, penguasaan bahasa dan budaya Jepang, perlindungan tenaga kerja yang diperoleh selama di luar negeri, hak dan kewajiban peserta magang, serta sanksi yang mungkin terjadi jika peserta magang melakukan pelanggaran.#panca

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda