Daerah

SMK 4 Pinrang Jadi Tuan Rumah Pusat Sosialisasi SMK

Koordianator pengajaran PSMK, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Tasri, S.Sos.,M.Si menjadi narasumber. Kegiatan sosialisasi Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), Ujian Sekolah (US), dan Penilaian Akhir Tahun PAT) terlaksana di SMK Negeri 4 Pinrang

“ Persoalan SMK terbilang rumit. Ia butuh kerja ekstra atas spesifikasi dan kekhususan yang dimiliki. Kami bermohon ke Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan agar diterjunkan pemateri agar sekolah memiliki kesamaan yang sama dalam tiga kegiatan penting. Surat edaran dan juknis UKK, US, dan PAT telah terbit agar tak salah persepsi tentu dibutuhkan informasi sumber yaitu PSMK Disdik Sulsel,” kata Baharuddin Iskandar,M.Pd.

Bertempat di aula SMK 4 Pinrang, Senin (22/2) hadir memenuhi undangan dua kabupaten, yaitu Pinrang dan Enrekang. Dengan jumlah peserta yang dibatasi, yaitu satu kepala sekolah, satu wakasek kurikulum, dan satu yang memiliki kaprodi, bersama-sama hadir untuk mendengarkan penjelasan langsung dari PSMK, didapuk Andi Tasri.

“Kepala sekolah adalah leading sector pendidikan. Ia menjadi penentu kebijakan UKK, US, dan PAT. Tentu bisa melihat kondisi daerah masing-masing. Termasuk daring atau luring pelaksanaan UKK, US, dan PAT. Harus ada kreativitas dan inovasi agar mutu lulus tetap terjaga,” katanya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, selain kepala cabang dinas, juga pengawas SMK berasal dan bertugas di Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang. Juga ketua MKKS Pinrang, Drs. Alimuddin, M.Pd. dan Ketua MKKS SMK Enrekang, Baharuddin Yusuf, M.M.

“Untuk US, sebaiknya disusun di internal MGMP sekolah karena setiap sekolah berbeda dalam melaksanakan PJJ. Termasuk daya serap setiap sekolah tak sama. Begitu pula US, sebaiknya hanya diujikan dari mapel yang diajarkan di kelas 12 saja,” Kata Alimuddin yang menjadi moderator. Ia menutup kegiatan kegiatan kepada kepala UPT, wakasek kurikulum, dan kaprodi agar menidentikasi anak didik kelas 12 yang mau US. “ Tidak ada anak yang dirugikan sehingga perlu dipetakan anak didik, ia ujian daring atau luring.” Drs. Latuwo,.M.Si.yang menjadi tuan rumah, bersyukur. “Terimakasih, kami sudah dipercaya sebagai tuan rumah sosialisasi SMK dari dua kabupaten. Kami berharap agar kegiatan kebersamaan dan silaturahmi terus dijalin agar bersama dalam menggerakkan dunia pendidikan, ucap La Tuwo ketika memberi sambutan di acara pembukaan. # baharuddin

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda