Daerah

SMAN 11 Enrekang Menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester Berbasis Android

Penilaian akhir semester (PAS)  merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada kompetensi dasar yang telah dijalani selama satu semester (6 bulan), serta untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang dapat dijadikan acuan untuk perbaikan pembelajaran kedepannya.

 Senin 29 November  2021 merupakan hari pertama pelaksanaan Penilaian Akhir Semester di SMAN 11 Enrekang. Seperti pada semester sebelumnya, pelaksanaan PAS kali ini juga dilaksanakan berbasis Android secara blended (daring dan luring), dan pengerjaannya dilakukan di sekolah. Aplikasi yang digunakan yaitu CBT Azzahra yang pengerjaannya dilakukan siswa secara semi oline. Soal yang ada dalam aplikasi Azzahra ini hanya dapat diakses berdasarkan jadwal yang telah diatur oleh panitia.

Persiapan pelaksanaan PAS di SMAN 11 Enrekang telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari pembentukan panitia pelaksana, penyusunan kisi-kisi dan kartu soal, serta pelatihan penggunaan aplikasi CBT Azzahra untuk guru-guru. Selanjutnya dilakukan persiapan lainnya seperti upload soal di aplikasi yang digunakan yaitu CBT Azzahra, input peserta ujian, pengaturan sesi ujian, pembuatan jadwal ujian serta jadwal pengawasan.

Untuk menghindari kemungkinan penularan Covid, pihak sekolah telah menyiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan agar PAS tetap menerapkan protokol kesehatan.  Adapun alat dan bahan yang disiapkan adalah masker yang dibagikan kepada tiap siswa, alat pengukur suhu tubuh, alat cuci tangan, handsanitizer, dll. Ruangan juga diatur sedemikian rupa agar tetap menjaga jarak sesuai ketentuan.

Pelaksanaan ujian pada hari pertama berjalan aman dan lancar, serta tetap menerapkan protokol kesehatan. Kepala sekolah mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah bekerja ekstra demi suksesnya pelaksanaan PAS. Beliau juga meminta kepada pengawas ruang agar betul-betul melaksanakan tugasnya mengawasi jalannya ujian serta menjaga ketertiban dalam ruang ujian. # sapruddin

Facebook Comments
What's Your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi !

Maaf Matikan dulu Adblock anda